Kamis, 08 Desember 2016

TANTANGAN TEKNOLOGI ABAD 21

perkembangan-teknologi/
Perkembangan zaman yang semakin modern membuat segala sesuatu dapat dijangkau dengan mudah dan cepat. Segala jenis benda berevolusi dalam bentuk yang lebih canggih dan unik. Mulai dari telepon genggam atau smartphone, televisi, bahkan mesin cuci dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut sangat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya.
Teknologi sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman romawi kuno. Perkembangan teknologi terus berkembang dan berevolusi hingga sekarang. Awalnya, teknologi memang berkembang secara lambat, karena terbatasnya kebutuhan manusia pada zaman dahulu dan pola pikir yang masih sangat lambat. Seiring dengan berkembangnya waktu, kebutuhan manusia semakin terus meningkat, sehingga hal ini membuat manusia terus menerus berinovasi untuk menciptakan suatu alat untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Perkembangan teknologi adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Berkembangnya teknologi memang membawa dampak positif yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Misalnya saja dalam berkomunikasi, zaman dahulu manusia hanya berkomunikasi melalui simbol-simbol ataupun tulisan pada dinding-dinding gua. Namun, sekarang manusia berkomunikasi melalui telepon genggam atau smartphone, bahkan media sosial banyak sekali yang bermunculan seperti instagram, facebook, dan lain sebagainya dan masih banyak hal lainnya.
Selain membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, teknologi juga membawa dampak negatif. Dampak negatif teknologi salah satu nya ialah sosial. Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa hubungan teknologi dan sosial. Sadar atau tidak manusia pada abad 21 yang semakin membutuhkan teknologi mengalami perubahan sosial pada pola hidup mereka. Perubahan sosial tersebut lebih mengarah pada sisi negatif. Mengapa? Sebagai contoh, dengan berkembangnya alat komunikasi berupa telepon genggam atau smartphone dan media sosial seperti facebook, instagram, maupun email membuat manusia semakin jarang berkomunikasi satu sama lain dengan komuikasi langsung. Hal ini membuat manusia semakin kurang bersosialisasi.
Berbagai pola pikir yang disebabkan teknologi tersebut merupakan tantangan bagi manusia abad 21. Semakin berinovasi teknologi, maka semakin berubah pula pola pikir manusia dalam kehidupannya. Pada umumnya, manusia abad 21 ini, memiliki pola perilaku yang individualistis dalam kehidupannya. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi manusia zaman millennium untuk terus survive dalam kehidupannya sebagai makhluk hidup.
Survive sebagai makhluk sosial di zaman modern ini memang bukanlah hal yang mudah. Namun, sebagai makhluk hidup yang berakal, manusia harus bisa melakukannya. Misalnya saja dengan memanfaatkan teknologi sebagai media untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, seperti mengadakan acara seperti menonton bersama layar tancap di lingkungan sekitar rukun tertangga. Hal ini dapat mempererat jalinan silaturrahim antar warga.
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, maka tidak akan mungkin manusia dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Teknologi seharusnya bukanlah sebuah hambatan bagi manusia untuk tidak menjadi makhluk sosial. Justru, jadikan teknologi sebagai media bagi setiap manusia untuk terus berkarya dan saling bekerja sama dalam membangun suatu peradaban yang lebih baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar